Tips Mengoptimalkan Blog Anda

Oleh:   Farabi Farabi   |   21:14

Saya memulai ngeblog pada awal maret kemaren dan alhamdulillah setiap hari saya mendapatkan 100-200pv per day, ya walaupun gak seberapa tapi setidaknya sudah ada pengunjung tetap.


Walaupun saya masih tergolong "Newbie" tapi saya akan berusaha untuk membagikan beberapa ilmu yang sudah saya dapeti tentang blogging. Pada hari ini saya akan membahas tentang Tips Mengoptimalkan Blog dengan Baik. Sebetulnya sih pada intinya jangan malas untuk belajar dan belajar. Orang yang selalu berusaha dan selalu belajar akan memegang dunia di masa depan, jadi jangan malas untuk belajar apalagi sekarang di dunia digital ilmu mudah sekali untuk dicari. Langsung saja kita masuk ke inti pada artikel ini, ini adalah beberapa tips untuk mengomptimalkan blog dengan baik...


1. Gunakan Domain Top Level Domain (TLD)

TLD merupakan akhiran pada suatu nama domain yang mengindikasikan pemilik tingkatan tertinggi Domain tersebut dan jenis domain tersebut. Domain seperti ini terbatas, beberapa contohnya adalah:
gov – Government agencies (Pemerintah)
edu – Educational institutions (Institusi pendidikan)
org – Organizations (Organisasi nonprofit)
mil – Military (Militer)
com – commercial business (Organisasi Profit/Komersil)
net – Network organizations (Organisasi Network)
ca – Canada (Negara Kanada)
tv – Television (Televisi)

Country Code Top Level Domain (ccTLD). Bagian terakhir ini (ccLTD) adalah kode yang diperuntukkan bagi masing-masing negara, sama seperti kode telpon yang berupa nomor (+62 untuk Indonesia), tapi di ccLTD ini kita tidak menggunakan angka sebagai kodedomain negara, tetapi dengan menggunakan . (dot) diikuti dengan kode negara. Misalnya Indonesia kode domain negaranya adalah ID, jadi kalau ada domain dibelakangnya ada .co.id atau .net.id atau .or.id berarti domain itu domain Indonesia.

2. Gunakan SEO Template Blogger
Template yang SEO juga membantu anda untuk tampil di Page One Google. Template blog SEO Friendly Itu sebenarnya di buat untuk membantu blogger pemula (seperti saya) yang belum mengetahui cara untuk mengedit kode-kode pengaturan pada menu EDIT HTML. banyak blogger pemula yang bekerja keras, dan nyaris sia-sia membangun blognya karena tidak optimalnya pengaturan dasar dari desain blog yang dipakainya. Selain itu, tujuan template SEO friendly untuk membuat blog kita menjadi lebih disayangi dan disukai oleh mesin pencari seperti google dan kawan-kawannya.

Baca Juga : 6 Langkah Mendapatkan FreeDofollow Facebook


3. Share Blog Anda ke Facebook
Mungkin tips inilah yang paling mudah untuk dimengerti dan paling optimal. Facebook adalah tempat dimana semua orang saling terhubung sama lainnya, nahh kita bisa memaksimalkan facebook sebagai tempat untuk mengoptimalkan blog kita. Biasanya dikalangan blogger kami melalukan BW (Blog Walking). Apa itu BW? BW adalah antar blogger saling tukar link. Bagaimana caranya untuk BW? Mudah saja, silahkan anda gabung ke group-group blogger indonesia (cari di facebook group Blogger Indonesia) dan lakukanlah BW.



Mungkin sekian dari saya, semoga tips di atas bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini supaya lebih banyak orang yang tahu. Terima Kasih

Tampilkan Komentar